Aksi Nyata Topik 1 Matkul Pemahaman tentang Peserta didik.dan pembelajarannya
RANCANGAN AKSI NYATA
Mengaplikasikan topik belajar dan teori pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas
Mata kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya
Dosen pengampu : Mushoddik, M.Pd.
Nama : Ai Sara Nurhasanah
NIM : 7000076806
Prodi : Pendidikan Geografi
Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka
Latar Belakang
Dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan strategi mengajar agar tercipta proses belajar mengajar yang efektif. Setelah mempelajari topik belajar dan teori belajar, sangat penting untuk mengimplementasikan topik belajar dan teori belajar di kelas. Agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat.
Tujuan
Tujuan umum yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran dan potensi peserta didik dengan menerapkan topik belajar dan teori belajar pada proses pembelajaran dalam merdeka belajar.
Tujuan khusus yaitu meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam membuat projek video kota dan desa, menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila.
Linimasa Tindakan yang akan Dilakukan
Guru menerapkan topik belajar dan teori belajar pada proses pembelajarannya dengan metode problem solving atau projek
Peserta didik membentuk kelompok dengan beranggota 4/5 orang
Guru menyampaikan topik pembelajaran dan tujuan pembelajaran serta capaian pembelajaran pada peserta didik mengenai “Desa dan Kota”
Guru memberikan LK Praktek membuat deskripsi tentang desa dan kota dalam bentuk video kepada peserta didik
Peserta didik dapat mulai diskusi kelompok dalam memilih desa dan kota, dapat juga meninjau lokasi yang akan dijadikan bahan video di luar jam pembelajaran
Peserta didik diberi waktu 1 minggu dalam penugasan tersebut.
Tolak Ukur
Pembelajaran berpusat kepada peserta didik ditunjukan dengan guru hanya menyampaikan topik pertemuan, tujuan dan capaian sampai pada akhirnya membagikan Lembar Kerja Kelompok dan peserta didik aktif terlibat dalam diskusi sampai keperwujudan projek yang dikerjakan.
Adapun dari teori belajar yang dapat diterapkan yaitu pada peserta didik tumbuh karakter profil pelajar Pancasila yang terdiri dari mandiri, kreatif dan Kerjasama.
Daya Dukung yang dibutuhkan
Kepala sekolah
Guru pamong
Dosen Pendamping Lapangan
Teman sejawat
Peserta didik
Komentar
Posting Komentar