Aksi Nyata Topik 1 Matkul Pemahaman tentang Peserta didik.dan pembelajarannya


RANCANGAN AKSI NYATA

Mengaplikasikan topik belajar dan teori pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas


Mata kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya

Dosen pengampu : Mushoddik, M.Pd.



Nama : Ai Sara Nurhasanah 

NIM : 7000076806

Prodi : Pendidikan Geografi 

Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka


Latar Belakang

Dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan strategi mengajar agar tercipta proses belajar mengajar yang efektif. Setelah mempelajari topik belajar dan teori belajar, sangat penting untuk mengimplementasikan topik belajar dan teori belajar di kelas. Agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat.


Tujuan

Tujuan umum yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran dan potensi peserta didik dengan menerapkan topik belajar dan teori belajar pada proses pembelajaran dalam merdeka belajar.

Tujuan khusus yaitu meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam membuat projek video kota dan desa, menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila.



Linimasa Tindakan yang akan Dilakukan

Guru menerapkan topik belajar dan teori belajar pada proses pembelajarannya dengan metode problem solving atau projek

Peserta didik membentuk kelompok dengan beranggota 4/5 orang

Guru menyampaikan topik pembelajaran dan tujuan pembelajaran serta capaian pembelajaran pada peserta didik mengenai “Desa dan Kota”

Guru memberikan LK Praktek membuat deskripsi tentang desa dan kota dalam bentuk video kepada peserta didik

Peserta didik dapat mulai diskusi kelompok dalam memilih desa dan kota, dapat juga meninjau lokasi yang akan dijadikan bahan video di luar jam pembelajaran

Peserta didik diberi waktu 1 minggu dalam penugasan tersebut.



Tolak Ukur

Pembelajaran berpusat kepada peserta didik ditunjukan dengan guru hanya menyampaikan topik pertemuan, tujuan dan capaian sampai pada akhirnya membagikan Lembar Kerja Kelompok dan peserta didik aktif terlibat dalam diskusi sampai keperwujudan projek yang dikerjakan.

Adapun dari teori belajar yang dapat diterapkan yaitu pada peserta didik tumbuh karakter profil pelajar Pancasila yang terdiri dari mandiri, kreatif dan Kerjasama.



Daya Dukung yang dibutuhkan 

Kepala sekolah

Guru pamong

Dosen Pendamping Lapangan

Teman sejawat

Peserta didik









Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM - AKSI NYATA MATA KULIAH PERANCANG DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM