Langsung ke konten utama

KONSEP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM - AKSI NYATA MATA KULIAH PERANCANG DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

 Nama : Ai Sara Nurhasanah

NIM : 7000076806

Prodi : Pendidikan Geografi


1.Kurikulum terdiri dari kurikulum lembaga dan kurikulum pembelajaran. Seorang guru harus mampu mengembangkan kurikulum pembelajaran dengan tepat. Menurut anda bagaimana sebuah kurikulum dikembangkan secara ideal? Jelaskan secara rinci!

Menurut saya kurikulum bisa dijadikan sebagai sebuah pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. Bisa diartikan juga kurikulum sebagai acuan dan landasan dalam melaksanakan sebuah proses belajar mengajar. Sebagai sebuah pedoman, kurikulum ideal memegang peran yang sangat penting. melalui kurikulum ideal, sebagai guru dapat menentukan hal-hal sebagai berikut :

1) Merumuskan tujuan dan kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa

2) Menentukan isi atau materi pelajaran yang harus dikuasai untuk mencapai tujuan atau penguatan kompetensi

3) Menyusun strategi pembelajaran untuk guru dan siswa sebagai upaya pencapaian tujuan

4) Menentukan keberhasilan pencapaaian tujuan atau kompetensi


2.Jika anda dipercaya untuk menjadi penentu kebijakan di sekolah, langkah apa saja yang anda lakukan dalam mengembangkan kurikulum? Bagaimana prosesnya serta berapa durasi waktu untuk sekolah mengembangkan dan memperbaiki kurikulum?

sebagai guru yang dipercaya dalam menentukan kebijakan di sekolah, langkah-langkah yang saya ambil dalam melakukan pengembangan kurikulum yaitu dengan perumusan tujuan, menentukan isi, memilih kegiatan dan merumuskan evaluasi. selain itu dalam proses penerapan di sekolah yaitu dengan memperhatikan kesiapan sekolah, kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan serta disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. sehingga proses dn durasinya belum pasti karena kurikulum berubah mengikuti perkembangan zaman dan IT . adapun memperbaiki kurikulum yaitu jika kurikulum tersebut telah diterapkan di sekolah.

adapun dalam perkembangan kurikulum di indonesia masa berlakunya ada yang lama dan ada pula yang singkat, contohnya kurikulum 2013 diganti dengan kurikulum prototipe sebelumnya ini jarak waktunya lumayan lama yaitu 2013-2021 sementara kurikulum prototipe hanya digunakan saat pandemi dalam rangka pemulihan pembelajaran yaitu 2021 dan berganti nama menjadi kurikulum merdeka yang mulai berlaku di tahun 2022. Adapun perbaikan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka yaitu sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia. adapun salah satu perbedaan yaitu kurikulum 2013 tujuan pembelajaran dianggap terlalu tinggi, di kejar- kejar untuk menyelesaikan banyak materi dalam waktu yang telah di tentukan, sedangkan daya berfikir siswa berbeda- beda sedangkan dalam kurikulum merdeka fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan menyenangkan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata Topik 1 Matkul Pemahaman tentang Peserta didik.dan pembelajarannya